Kabargaruda.com, Jakarta - Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Garuda mendapatkan kunjungan dari LSM Mafindo (Masyarakat Anti Fitnah Indonesia) pada Rabu (5/12/2018) yang lalu.

Mafindo yang dipimpin oleh Anita Wahid, putri dari Presiden Ketiga RI Abdurrahman Wahid (Gus Dur) tersebut disambut langsung oleh Sekretaris Jenderal (Sekjend) Partai Garuda, Abdullah Mansuri beserta para jajaran pengurus DPP Partai Garuda lainnya.

Dalam pertemuan tersebut, Anita Wahid memaparkan bahwa Mafindo sangat berkonsentrasi pada pemberantasan hoax di media sosial. Bahkan Anita Wahid turut pula menjelaskan berbagai data yang dihimpun oleh Mafindo.

Pada sambutannya, Sekretaris Jenderal Abdullah Mansuri juga menyampaikan rasa bahagia dan terima kasihnya atas kunjungan dari Mafindo. Mansuri juga menegaskan bahwa Partai Garuda berkomitmen dalam memerangi hoax.

Hal tersebut tidak lepas dari pengalaman Partai Garuda sendiri yang pernah diterpa oleh berita hoax dan tentunya sangat merugikan bagi Partai.

Mansuri menjelaskan bahwa Partai Garuda saat ini menghadapi tantangan besar dimana menipisnya kohesi sosial ditengah-tengah masyarakat.

Hal tersebut salah satunya disebabkan oleh maraknya berita hoax dan minimnya kemampuan masyarakat dalam mendeteksi dan menyaring setiap berita dan informasi yang berkembang.

Mansuri juga menyampaikan bahwa ada korelasi atas minimnya kemampuan masyarakat dalam mendeteksi berita hoax dengan rendahnya angka minat baca dan literasi di masyarakat Indonesia, sehingga informasi yang berkembang terlalu mudah mengkonsumsi berita hoax dan bahkan turut serta menyebarkannya.

Petemuan yang berjalan cukup hangat dan penuh dengan kekeluargaan itu begitu terlihat ‘romantis’ membahas cara memberantas hoax yang saat ini seperti sudah menjadi bagian di tiap sendi kehidupan masyarakat.

Pada kesempatan tersebut, Partai Garuda menegaskan komitmennya untuk siap bekerjasama dengan Mafindo maupun dengan elemen masyarakat lainnya dalam memerangi hoax.