SHARE THIS ARTIKEL

whatapps facebook twitter telegram

ROBERTO MANCINI MENGUNDURKAN DIRI SEBAGAI MANAJER ITALIA, PELATIH BARU AKAN DIUMUMKAN DALAM BEBERAPA HARI KE DEPAN

kabargaruda.com - Ini adalah akhir dari era di Italia, dengan Roberto Mancini meninggalkan posnya sebagai manajer tim nasional. Lima tahun masa jabatan bersama Azzurri yang mencapai puncaknya dengan kemenangan di Euro 2020 kini telah berakhir. Mancini juga membawa Italia dalam rangkaian tidak terkalahkan selama 37 pertandingan, namun gagal lolos ke dua Piala Dunia terakhir berarti warisan yang ditinggalkannya dapat dikatakan tercoreng.

Roberto Mancini telah mengundurkan diri sebagai manajer tim nasional Italia, dengan berita tersebut dikonfirmasi dalam pernyataan resmi oleh Federasi Sepak Bola Italia. Ini menandai berakhirnya masa jabatan Mancini selama lima tahun sebagai bos Azzurri, yang meliputi kemenangan Euro 2020 dengan mengalahkan Inggris di final. Dia juga mencatatkan rekor dunia baru di level internasional setelah mengawasi rangkaian tidak terkalahkan selama 37 pertandingan yang berlangsung hampir tiga tahun antara 10 Oktober 2018 dan 6 Oktober 2021.

Pernyataan tersebut berbunyi sebagai berikut: "Federasi Sepak Bola Italia mengumumkan bahwa telah mencatat pengunduran diri Roberto Mancini dari posisi pelatih tim nasional Italia, yang diterima larut malam kemarin. "Demikianlah berakhir halaman yang signifikan dalam sejarah Azzurri, yang dimulai pada Mei 2018 dan berakhir dengan Final Liga Bangsa 2023; di antara itu, kemenangan di Euro 2020, sebuah kemenangan yang diraih oleh sebuah kelompok di mana semua individu telah tahu bagaimana menjadi sebuah tim. "Memperhatikan komitmen penting dan dekat untuk kualifikasi UEFA Euro 2024 (10 dan 12 September dengan Makedonia Utara dan Ukraina), FIGC akan mengumumkan nama pelatih nasional baru dalam beberapa hari ke depan."

Mancini meninggalkan posnya dengan catatan 39 kemenangan, 13 hasil imbang, dan sembilan kekalahan. Pertandingan terakhirnya sebagai pelatih adalah pertandingan tempat ketiga UEFA Nations League melawan Belanda pada 18 Juni. Azzurri akan melanjutkan kampanye kualifikasi Euro 2024 mereka bulan depan, dengan pertandingan melawan Makedonia Utara dan Ukraina pada tanggal 10 dan 12 September, masing-masing. Italia telah memenangkan satu pertandingan dan kalah satu dalam dua kualifikasi yang telah dijalani, setelah mengikuti kekalahan 2-1 dari Inggris dengan kemenangan 2-0 atas Malta. Setelah awal kampanye yang bercampur aduk, Mancini juga mengalami waktu sulit di luar lapangan setelah meninggalnya teman-teman Gianluca Vialli dan Sinisa Mihajlovic tahun ini.